cover
Contact Name
Yayan Hendayana
Contact Email
yayan_ha.feb@uia.ac.id
Phone
+628129463769
Journal Mail Official
kinerja.feb@uia.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam As-Syafi’iyah. Jl. Raya Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta 13070
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26863286     DOI : 10.34005
Core Subject : Economy, Science,
An objective of the KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business. The KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis invites manuscripts in the areas : Marketing Management, Finance Management, Strategic Management, Operation Management, Human Resource Management, E-business, Knowledge Management, Management Information System, International Business, Business Economics, Business Ethics and Sustainable, and Entrepreneurship.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 02 (2023): KINERJA" : 10 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR PENENTU PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN INDONESIA PERIODE TAHUN 2015 – 2021 Sunaryo Sunaryo
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2685

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan secara empiris faktor yang memengaruhi profitabilitas Perusahaan Pembiayaan di Indonesia selama periode 2015 - 2021 seperti Risiko Pembiayaan, Efisiensi Operasional, Pembiayaan, Permodalan dan Kurs dengan menggunakan metode analisis regresi parsial (Parsial Least Square/PLS) dengan 84 periode bulanan sebagai sampel. Hasil penelitian menemukan variabel risiko pembiayaan, efisiensi operasional dan kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Variabel permodalan berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Variabel pembiayaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE DECISION PRODUK KOSMETIK HALAL INDONESIA Kurnia Budhy Scorita; Suhud Usep; Widyastuti Umi; Wibowo Agus
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2697

Abstract

Saat ini kesadaran konsumen terhadap produk halal semakin meningkat, hal ini juga termasuk kepada pemilihan pada kosmetik halal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat pembelian pada produk kosmetik halal di Indonesia. Sebanyak 100 kuesioner dibagikan kepada 100 wanita Muslimah Indonesia dimana di dalamnya terdapat satu pertanyaan terbuka mengenai faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk kosmetik halal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS Statistik 26. Berdasarkan hasil analisis statistik di bidang demografi seperti usia, Pendidikan, dan pekerjaan, usia terbanyak adalah di rentang 17-25 tahun yaitu sebanyak 89%, Pendidikan terakhir konsumen yang tertinggi adalah lulusan SMA yaitu sebanyak 78%, dan pekerjaan responden terbanyak adalah sebagai Mahasiswi yaitu 81% dari total 100 responden. hasilnya menunjukkan bahwa alasan utama responden memilih kosmetik halal adalah berhubungan dengan kesesuaian dengan kepercayaan yang mereka anut atau religiusitas artinya memang sesuai dengan syariah agama Islam, alasan kedua karena dari karakteristik produk itu sendiri yang aman, halal, dan terjaga kualitasnya, dan yang ketiga tentunya tidak lepas dari adanya sertifikat halal pada produk kosmetik tersebut.
PERBEDAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA (Studi Pada PT. Aditya Mandiri Sejahtera) Maryam Dunggio; Elly Soraya; Yayan Hendayana; Gigih Basofi
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2703

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kepuasan kerja karyawan berdasarkan karakteristik individu yang terdiri dari jenis kelamin, tingkat pendidikan dan masa kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Aditya Mandiri Sejahtera. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 orang dan menggunakan sampling jenuh. Hasil uji normalitas menunjukkan data tidak terdistribusi normal. Oleh karena itu, maka metode analisis data yang digunakan adalah uji mann whitney dan uji kruskal willis. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kepuasan kerja karyawan berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan dan masa kerja.
Pengaruh Efisiensi Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Sales PT. Paragon Technology And Innovation ( sri lestari; Livia Fatmarida
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2705

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui “Pengaruh Efisiensi Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Sales PT. Paragon Technology And Innovation”. Populasi dalam penelitian ini adalah sales di PT. Paragon Technology And Innovation. Dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 50 responden. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji validitas , uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji korelasi sederhana, uji koefisien determinasi ,uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian untuk variabel efisiensi kerja dengan menggunakan uji t didapatkan hasil perhitungan thitung 4,788 > ttabel 1,677 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga kesimpulan hasil dari penelitian ini yaitu efisiensi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sales, dan hasil perhitungan untuk motivasi kerja yaitu thitung 1,984 > ttabel 1,677 dan nilai signifikan 0,014 < 0,05, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Adapun hasil dari penguji korelasi sederhana X1 dan Y didapatkan hasil nilai R 0,762 , maka dapat disimpulkan terdapat hubungan korelasi yang kuat dan positif antara efisiensi kerja dengan kinerja sales dan berdasarkan nilai uji korelasi sederhana X2 dan Y dengan nilai R 0,635 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan korelasi yang kuat dan positif antara motivasi kerja dengan kinerja sales. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,599, sehingga dapat disimpulkan, bahwa efisiensi kerja dan motivasi kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja sebesar 59,9%, dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kompensasi, kepemimpinan, disiplin kerja.
ANALISA KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN KESEHATAN ONLINE PADA APLIKASI KLIKDOKTER Heny Herawati
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2708

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa “ Keputusan Penggunaan Layanan Kesehatan pada Aplikasi KlikDokter ”. Populasi dalam penelitian adalah pengguna layanan kesehatan pada aplikasi klik dokter yang tidak diketahui jumlahnya dan yang menjadi sampel dengan menggunakan rumus lameslow adalah berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen uji kelayakan model (uji F) dan uji hipotesis (uji T). Berdasarkan hasil penelitian uji t secara parsial maka variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan karena 5,766 > 1,984 dengan taraf signifikansi uji t 0,000 < 0,05 dan kemudahan penggunaan dapat disimpulkan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan pada Aplikasi KlikDokter karena 3,805 > 1,984 dengan taraf signifikansi uji t 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F dimana 66,475 > 3,99 Ftabel dengan taraf signifikansi uji F 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa secara simultan promosi dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan pada Aplikasi KlikDokter.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DARI PT MANDOM ( Studi Kasus Pada Konsumen Toko Kosmetik Watsons Di Pondok Gede) Chusnah Chusnah; Rita Nurlailasari
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2716

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan dari PT Mandom pada Konsumen Toko Kosmetik Watsons di Pondok Gede, penelitian ini mengunakan 96 konsumen sebagai sample. Uji validitas dan reliabilitas digunakann utk menguji instrument penelitian, analisis data di awali dengan melakukan uji asumsi kelasik. Analisis data selanjutnya menggunakan analisis regresi dan korelasi, Determinasi, terahkir di lakukan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan dari PT Mandom dengan signifikansi 0,034<0,05 dan thitung sebsesar 2,156 dan untuk citra merek secara parsial juga menunjukan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadao keputusan pembelian produk kecantikan dari PT Mandom signifikansi 0,000<0,05 dan thitung sebsesar 6,261. Sedangkan hasil pengujian secara simultan diketahui bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan dari PT Mandom.
Sunarno, Muhammad Ridwan PENGARUH MUTASI KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PHAROS INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PT. PHAROS INDONESIA KANTOR CABANG JAKARTA 2) sunarno sunarno menot; Muhammad Ridwan
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2724

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mutasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Pharos Indonesia, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pharos Indonesia, pengaruh mutasi kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pharos Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah karyawan PT. Pharos Indonesia yang berjumlah 30 orang. pengumpulan data dengan memberikan kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, serta pengujian hipotesis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Dari hasil analisis data dan pembahasan, secara parsial variabel mutasi kerja (xi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (y) dimana signifikansi mutasi kerja sebesar 0,001 dan t-hitung sebesar 3,810 menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,001 < 0,05 dan t-hitung 3,810 > t-tabel 2,051 yang berarti bahwa mutasi kerja signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti ha diterima artinya mutasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Pharos Indonesia cabang Jakarta. motivasi kerja (x2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (y), dimana signifikansi motivasi kerja 0,026 dan t-hitung sebesar 2,351 menunjukkan bahwa signifikansi 0,026 < 0,05 dan t-hitung 2,351 > t-tabel 2,051 yang berarti bahwa motivasi kerja signifikan terhadap kinerja karyawan yang bahwa ha diterima artinya motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Pharos Indonesia Cabang Jakarta. artinya kontribusi mutasi kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. MNC Sekuritas Meindro Waskito; Sri Sumarni
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. MNC Sekuritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif serta pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan melakukan penyebaran kuisioner. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil olahan data penulis hasil kuisioner dengan pengukuran dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 127 sampel. Hasil dalam penelitian dan analisis membuktikan bahwa motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Abstrack This study aims to determine the effect between motivation and work environment on employee job satisfaction at PT. MNC Sekuritas. The method used in this research is a quantitative approach method and the sampling is done using purposive sampling method by distributing questionnaires. The data in this study uses primary data, namely the results of the data processed by the author of the questionnaire results with measurements using a Likert scale. This study uses simple linear regression analysis, correlation analysis and hypothesis testing with the help of SPSS version 25 for Windows. The number of samples used in this study were 127 samples. The results in research and analysis prove that motivation and work environment have a positive and significant effect on job satisfaction.
PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) Muhammad Affar; Median Wilestari; Duwi Lina Nuraini
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.2774

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan pembiayaan mudharabah, musyarakah dan dana pihak ketiga terhadap profitabilitas (ROA). Studi kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia sebelum bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), yaitu pada Bank Mega Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Muamalat Indonesia Tbk, Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan sampel 6 perusahaan Bank dengan tahun penelitian 2012-2020. Sumber data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan (neraca dan laba rugi). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variabel pertumbuhan pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA), (2) Variabel pertumbuhan pembiyaan musyarakah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA), (3) Variabel pertumbuhan dana pihak ketiga mempengaruhi profitabilitas (ROA). Uji simultan (uji F) menunjukkan variable pertumbuhan pembiayaan mudharabah, musyarakah dan dana pihak ketiga mempengaruhi profitabilitas (ROA) secara positif signifikan secara simultan. Uji Determinasi (R2) sebesar 0,9376 atau 93,76% pada level of significant 5%.
Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen terhadap Peringkat Sukuk dengan Maturity sebagai Variabel Moderasi Elan Kurniawan; Latifah Latifah
Kinerja Vol 5 No 02 (2023): KINERJA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/kinerja.v5i02.3001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kepemilikan institusional dan komisaris independen terhadap peringkat sukuk dengan Maturity sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang diperingkat oleh PEFINDO pada tahun 2018-2021 dengan 14 sampel perusahaan yang menggunakan purpose sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Logistik Ordinal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap peringkat sukuk dan komisaris independen tidak berpengaruh peringkat sukuk. Sedangkan pengujian yang dilakukan oleh moderasi menunjukkan bahwa maturity dapat memperkuat pengaruh kepemilikan instutisional terhadap peringkat sukuk sedangkan Maturity tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh komisaris independen terhadap peringkat sukuk

Page 1 of 1 | Total Record : 10